Dinas Perikanan

21 Juni 2021   448 kali  
LAKUKAN PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI (PMPRB), DINAS PERIKANAN MEMAKSIMALKAN PELAYANAN
LAKUKAN PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI (PMPRB), DINAS PERIKANAN MEMAKSIMALKAN PELAYANAN

LAKUKAN PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI (PMPRB),

DINAS PERIKANAN MEMAKSIMALKAN PELAYANAN

      PMPRB merupakan program yang telah dibangun oleh pemerintah dalam upaya menjalankan roda pemerintahan dalam tata kelola yang baik dan bersih dan terdapat  81 (delapan puluh satu) item yang harus disiapkan data dukungnya. 

      Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuanvdan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. 

      Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, Ir. Agus Widarto, MM mengatakan, "Dinas Perikanan mulai dari pimpinan hingga staff serius melaksanakan dan berkomitmen untuk menerapkan Reformasi birokrasi". Bukti nyata keseriusan tersebut salah satunya dengan melakukan terobosan dan inovasi untuk peningkatan kualitas di 8 area perubahan dengan rujuan untuk menciptakan pelayanan publik yang prima dan good and clean goverment. 

Berikut merupakan 8 area perubahan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Perikanan : 

1. Area Manajemen Perubahan 

o Meningkatnya komitmenvseluruh jajaran pimpinan dan pegawai di Dinas Perikanan 

o Adanya perubahan pola pikir dan budaya kerja pada Dinas Perikanan 

o Menurunnya resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi perubahan 

2. Area penataan peraturan perundang-undangan 

o Teridentifikasinya sebagian kebijakan yang tidak harmonis dan bersifat menghambat 

3. Area penataan dan penguatan organisasi 

o Penyederhanaan birokrasi 

o Terciptanya kemampusn dalam struktur organisasi untuk adaftif terhadap perubahan strategis 

o Tidak terjadi tumpang tindih tupoksi 

4. Area penataan tata laksana 

o Meningkatnya kinerja di Dinas Perikanan 

o Menimgkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintahan 

o Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen pemerintahan di Dinas Perikanan 

5. Area akuntabilitas 

o Meningkatnya kinerja instansi Dinas Perikanan 

o Meningkatnya akuntabilitas instansi pemerintahan 

6. Area penataan sistem manajemen SDM 

o Meningkatnya ketaatan SDM 

o Meningkatnya kedisiplinan SDM 

o Meningkatnya transparansi dan akuntabilitas SDM 

o Meningkatnya profesionalisme SDM 

7. Area penguatan pengawasan 

o Menurunnya tingkat penyalahgunaan wewenang 

o Meningkatnya efektivitas pengelolaan keuangan negara 

o Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan negara

8. Area pelayanan publik 

o Meningkatnya kualitas pelayanan umum 

o Meningkatnya jumlah unit pelayanan yang memperoleh standarisasi pelayanan 

o Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat 

o Terminimalisirnya resiko integritas dalam pelaksanaan pelayanan 

o Bertambahnya inovasi pada sektor pelayanan, kinerja, dan penguatan integritas 

      Sebelum adanya Reformasi birokrasi, Dinas Perikanan telah serius dalam hal penguatan pengawasan dan pelayanan publik. Hal itu dapat dibuktikan dengan telah terbentuknya peta resiko terjadinya KKN dalam pelayanan publik maupun pemerintahan. 

      Selain itu, Dinas Perikanan juga telah berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik diantaranya dengan pengantaran benih ikan gratis kepada konsumen, pelayanan konsultasi dan uji kesehatan ikan dan lingkungan budidaya pembudidaya ikan (langsung dan via WA), dan pemberian benih ikan gratis kepada kelompok masyarakat. 

 

Banyak Dibaca





MAKAN IKAN LAWAN CORONA
19 Mei 2020 819 kali Baca...
PEMBENTUKAN KUB NELAYAN
13 Februari 2020 692 kali Baca...
FAKTA UNIT TENTANG IKAN LELE
20 Februari 2025 654 kali Baca...
GERAKAN SEHAT DENGAN MINUM JAMU
03 April 2020 597 kali Baca...
Perluasan Kampanye Gemarikan
16 November 2020 556 kali Baca...
SOSIALISASI DISIPLIN BERMASKER
03 Juni 2020 483 kali Baca...
SOSIALISASI ASURANSI NELAYAN
16 Juni 2021 380 kali Baca...
World Clean Up Day Indonesia (WCDI)
25 September 2020 356 kali Baca...
KAMPANYE GEMARIKAN
18 Maret 2021 329 kali Baca...
JATIM SEGER (JATIM SENENG GERAK)
25 September 2020 325 kali Baca...
SEMARAK PASAR RAMADHAN 1443 H
26 April 2022 250 kali Baca...
BEACH CLEAN UP DAY
15 Juli 2022 222 kali Baca...
MONITORING HPI DAN KUALITAS AIR
08 Februari 2023 182 kali Baca...
GEMARIKAN TAHUN 2023 di LUMAJANG
19 Oktober 2023 179 kali Baca...
PATROL RAMADAN 2025
17 Maret 2025 166 kali Baca...
Macam macam olahan ikan
25 Februari 2025 146 kali Baca...
HARDIKNAS 2025
02 Mei 2025 138 kali Baca...
Persalinan Gratis
10 Maret 2025 129 kali Baca...
Hari Nelayanan Nasional 2025
06 April 2025 117 kali Baca...
KENALI MENJAGA LAUT KITA
17 Februari 2025 114 kali Baca...
Semangat baru, pelayanan baru!
08 April 2025 110 kali Baca...
Ramadan 1446 H
12 Maret 2025 102 kali Baca...
kegiatan Pokmaswas Padas Gemprah
28 April 2025 100 kali Baca...
Talkshow JELITA
05 Mei 2025 99 kali Baca...
Gaspol dengan Etika
23 Maret 2025 89 kali Baca...
Hari Raya Galungan 2025
23 April 2025 87 kali Baca...
Sinergi untuk Rumah Rakyat!
24 April 2025 86 kali Baca...
Hari Kartini 2025
23 April 2025 85 kali Baca...
Segoro Topeng Kaliwungu 2025
28 April 2025 84 kali Baca...
Retret Kepala Daerah Tahun 2025
24 Februari 2025 66 kali Baca...
Dari hobi jadi rezeki
27 Juli 2025 44 kali Baca...
Dari desa, lahir harapan baru
28 Juli 2025 42 kali Baca...
Dari Desa untuk Indonesia!
20 Juli 2025 39 kali Baca...
Peternak Aman, Ternak Sehat
16 Juli 2025 33 kali Baca...
Langkah Kecil, Dampak Besar!
16 Juli 2025 32 kali Baca...
Dari Batang Pisang Jadi Cuan
16 Juli 2025 26 kali Baca...
Saksikan PIDATO PRESIDEN RI 2025
15 Agustus 2025 24 kali Baca...
Sepatu Baru, Semangat Baru
27 Agustus 2025 22 kali Baca...
Rangkaian HUT KE-80 RI
15 Agustus 2025 21 kali Baca...
Sekolah Layak, Hak Belajar Setara
26 Agustus 2025 21 kali Baca...
Selamat Hari Pramuka ke-64
14 Agustus 2025 20 kali Baca...
Ternak sehat, ekonomi rakyat kuat
26 Agustus 2025 20 kali Baca...