Dinas Perikanan

21 Juni 2021   335 kali  
LAKUKAN PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI (PMPRB), DINAS PERIKANAN MEMAKSIMALKAN PELAYANAN
LAKUKAN PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI (PMPRB), DINAS PERIKANAN MEMAKSIMALKAN PELAYANAN

LAKUKAN PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI (PMPRB),

DINAS PERIKANAN MEMAKSIMALKAN PELAYANAN

      PMPRB merupakan program yang telah dibangun oleh pemerintah dalam upaya menjalankan roda pemerintahan dalam tata kelola yang baik dan bersih dan terdapat  81 (delapan puluh satu) item yang harus disiapkan data dukungnya. 

      Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuanvdan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. 

      Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, Ir. Agus Widarto, MM mengatakan, "Dinas Perikanan mulai dari pimpinan hingga staff serius melaksanakan dan berkomitmen untuk menerapkan Reformasi birokrasi". Bukti nyata keseriusan tersebut salah satunya dengan melakukan terobosan dan inovasi untuk peningkatan kualitas di 8 area perubahan dengan rujuan untuk menciptakan pelayanan publik yang prima dan good and clean goverment. 

Berikut merupakan 8 area perubahan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Perikanan : 

1. Area Manajemen Perubahan 

o Meningkatnya komitmenvseluruh jajaran pimpinan dan pegawai di Dinas Perikanan 

o Adanya perubahan pola pikir dan budaya kerja pada Dinas Perikanan 

o Menurunnya resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi perubahan 

2. Area penataan peraturan perundang-undangan 

o Teridentifikasinya sebagian kebijakan yang tidak harmonis dan bersifat menghambat 

3. Area penataan dan penguatan organisasi 

o Penyederhanaan birokrasi 

o Terciptanya kemampusn dalam struktur organisasi untuk adaftif terhadap perubahan strategis 

o Tidak terjadi tumpang tindih tupoksi 

4. Area penataan tata laksana 

o Meningkatnya kinerja di Dinas Perikanan 

o Menimgkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintahan 

o Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen pemerintahan di Dinas Perikanan 

5. Area akuntabilitas 

o Meningkatnya kinerja instansi Dinas Perikanan 

o Meningkatnya akuntabilitas instansi pemerintahan 

6. Area penataan sistem manajemen SDM 

o Meningkatnya ketaatan SDM 

o Meningkatnya kedisiplinan SDM 

o Meningkatnya transparansi dan akuntabilitas SDM 

o Meningkatnya profesionalisme SDM 

7. Area penguatan pengawasan 

o Menurunnya tingkat penyalahgunaan wewenang 

o Meningkatnya efektivitas pengelolaan keuangan negara 

o Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan negara

8. Area pelayanan publik 

o Meningkatnya kualitas pelayanan umum 

o Meningkatnya jumlah unit pelayanan yang memperoleh standarisasi pelayanan 

o Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat 

o Terminimalisirnya resiko integritas dalam pelaksanaan pelayanan 

o Bertambahnya inovasi pada sektor pelayanan, kinerja, dan penguatan integritas 

      Sebelum adanya Reformasi birokrasi, Dinas Perikanan telah serius dalam hal penguatan pengawasan dan pelayanan publik. Hal itu dapat dibuktikan dengan telah terbentuknya peta resiko terjadinya KKN dalam pelayanan publik maupun pemerintahan. 

      Selain itu, Dinas Perikanan juga telah berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik diantaranya dengan pengantaran benih ikan gratis kepada konsumen, pelayanan konsultasi dan uji kesehatan ikan dan lingkungan budidaya pembudidaya ikan (langsung dan via WA), dan pemberian benih ikan gratis kepada kelompok masyarakat. 

 

Banyak Dibaca





MAKAN IKAN LAWAN CORONA
19 Mei 2020 699 kali Baca...
PEMBENTUKAN KUB NELAYAN
13 Februari 2020 563 kali Baca...
GERAKAN SEHAT DENGAN MINUM JAMU
03 April 2020 469 kali Baca...
Perluasan Kampanye Gemarikan
16 November 2020 425 kali Baca...
SOSIALISASI DISIPLIN BERMASKER
03 Juni 2020 372 kali Baca...
SOSIALISASI ASURANSI NELAYAN
16 Juni 2021 281 kali Baca...
World Clean Up Day Indonesia (WCDI)
25 September 2020 252 kali Baca...
JATIM SEGER (JATIM SENENG GERAK)
25 September 2020 213 kali Baca...
KAMPANYE GEMARIKAN
18 Maret 2021 211 kali Baca...
SEMARAK PASAR RAMADHAN 1443 H
26 April 2022 153 kali Baca...
BEACH CLEAN UP DAY
15 Juli 2022 118 kali Baca...
MONITORING HPI DAN KUALITAS AIR
08 Februari 2023 64 kali Baca...
GEMARIKAN TAHUN 2023 di LUMAJANG
19 Oktober 2023 41 kali Baca...